-->
  • Jelajahi

    Copyright © Fakta Hukum
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Selamat IdulFitri 1445 H

    Iklan

    Iklan

    Penting Nya Merawat Sungai Buat Pencegah Banjir

    Redaksi Fakta Hukum Nasional
    Sabtu, 19 Oktober 2024, Oktober 19, 2024 WIB Last Updated 2024-10-19T10:15:54Z
    masukkan script iklan disini
    banner 719x885


    PADANG _ Balai Wilayah Sungai mempuyai tugas melaksanakan pengelolaan sumber daya air yang meliputi 


    Perencanaan ,pelaksanaan konstruksi Operasi dan pemeliharaan dalam rangka konsevasi sumber daya air,


    Pendayagunaan sumberdaya air dan pengendalian daya rusak air Pada wilayah sungai


    Dalam rangka mengatasi, pendangkalan akibat luapan air banjir yang terjadi, Balai Sungai Wilayah V, Sumbar melaksanakan kegiatan pengerukan sungai di Batang Kuranji sebagai salah satu upaya pemeliharaan sungai.


    Tujuan dari kegiatan ini, adalah untuk menjaga fungsi sungai sebagai saluran air yang aman dan optimal.


    Untuk mencapai tujuan tersebut, Bidang OP, Balai Sungai Wilayah V, Sumbar dan dibantu oleh Para Pekerja setempat bekerja sama dalam melaksanakan kegiatan pengerukan sungai di Daerah Irigasi Batang Kuranji, Kecamatan Nanggalo Kota Padang 


    Pihak ini memastikan bahwa, kegiatan dilaksanakan dengan baik dan optimal.


    Selain itu, pengerukan sungai juga memiliki manfaat yang signifikan dalam mengatasi pendangkalan akibat luapan air banjir. Salah satu manfaat yang paling jelas adalah peningkatan kapasitas sungai. Dengan pengerukan, volume air yang dapat ditampung oleh sungai akan meningkat, sehingga kemungkinan terjadinya pendangkalan di masa depan akan berkurang.


    Selain itu, pengerukan sungai juga meningkatkan aliran air di sungai, sehingga risiko genangan air di sekitar sungai juga dapat berkurang. Hal ini berdampak pada keamanan warga di sekitar sungai, karena risiko terjadinya banjir akan semakin kecil dengan kapasitas sungai yang lebih besar dan aliran air yang lebih lancar.


    Kegiatan pengerukan sungai dilakukan dengan menggunakan alat berat seperti ekskavator dan dump truck. Selama pelaksanaannya, Satker dan PPK, Bidang OP, Balai Sungai Wilayah V, Sumbar bertanggung jawab dalam merencanakan dan mengawasi pelaksanaan pengerukan sungai, menyediakan alat dan tenaga kerja yang dibutuhkan.


    Beliau berkata dengan, dilaksanakannya kegiatan pengerukan sungai ini, diharapkan sungai di Daerah Aliran Batang Kuranji dapat berfungsi dengan optimal sebagai saluran air yang aman dan berfungsi dengan baik. pungkas nya


    Irmon Syarkawi

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini