-->
  • Jelajahi

    Copyright © Fakta Hukum
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Selamat IdulFitri 1445 H

    Iklan

    Iklan

    Direktur Operasi Basarnas, membuka Latihan Kesiapsiagaan SAR Tanggap Darurat Bencana Gempa Megathrust di kabupaten Mentawai

    Redaksi Fakta Hukum Nasional
    Kamis, 10 Oktober 2024, Oktober 10, 2024 WIB Last Updated 2024-10-10T13:26:11Z
    masukkan script iklan disini
    banner 719x885


    Mentawai _ Megathrust adalah sesar atau patahan yang naik dan terbentuk karena adanya zona tumbukan (subduksi) antara kerak samudera dan kerak benua. Hal ini yang memungkinkan terjadinya gempa bumi yang berskala cukup besar disertai dengan ancaman datangnya tsunami.


    Hal itu disampaikan Direktur Operasi Basarnas, Brigjen TNI (Mar) Edy Prakoso, SE,MM saat membuka Latihan Kesiapsiagaan SAR Tanggap Darurat Bencana Gempa Megathrust di halaman Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Mentawai, Kamis (10/10/2024).


    Dia menjelaskan, badan nasional pencarian dan pertolongan atau lebih sering disebut Basarnas merupakan perpanjangan tangan pemerintah dalam melakukan penyelenggaraan operasi pencarian dan pertolongan.


    Selain penyelenggaraan, pencarian dan pertolongan terhadap kecelakaan pesawat, kecelakaan kapal, ke wlakaam oenanaganannkhusjs dan kondisi membahayakan manusia.


    Tak hanya itu, Basarnas juga memiliki tugas dan fungsi penyelenggaraan operasi pencarian dan pertolongan terhadap bencana pada tahap tanggap darurat bencana.


    Seperti diketahui sejak gempa bumi disertai tsunami di Kepulauan Mentawai yang terjadi 25 Oktober 2010, dimana masyarakat mulai memahami dan menyadari akan potensi gempa dan tsunami yang dapat terjadi di daerah-daerah lainnya.


    Bahkan para peneliti kegempaan mulai memetakan daerah-daerah mana saja yang perlu diwaspadai kemungkinan gempa dan tsunami bakal terjadi, imbuhnya.(Muslim)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini