-->
  • Jelajahi

    Copyright © Fakta Hukum
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Selamat IdulFitri 1445 H

    Iklan

    Iklan

    Pemasangan Automatic Rain Gauge (ARG) atau Pemantau Hujan Otomatis di Nagari Pasie Laweh

    Redaksi Fakta Hukum Nasional
    Kamis, 30 Mei 2024, Mei 30, 2024 WIB Last Updated 2024-05-30T10:01:15Z
    masukkan script iklan disini
    banner 719x885


    SUNGAI TARAB _. Nagari Pasie Laweh Kecamatan Sungai Tarab disebut Nagari Rawan Bencana Galodo/Banjir Bandang yang mana nagari ini berjarak lebih kurang 8.5 Km dari Puncak Gunung Marapi dan sekitar 6 Km dari lahan masyarakat dengan puncak Marapi tersebut serta memiliki Aliran sungai yang berhulu di Marapi.

    Dalam rangka Antisipasi Tanggap Bencana BMKG Sumater Barat memasang Automatic Rain Gauge (ARG) atau Pemantau Hujan Otomatis. 


    Pemasangan Alat ini disaksikan langsung Oleh Camat Sungai Tarab Miza Aziz, S.Sos di dampingi Wali Nagari Pasie Laweh Hidayat, S.Pd.M.Pd.T Dt.Paduko Sirajo beserta Satgas Siaga Bencana Nagari.


    ARG yang di pasang di Nagari Pasie Laweh digunakan untuk pendeteksi atau pemantau curah hujan biasa maupun curah hujan Ekstrim secara otomatis sebagai peringatan dini potensi bencana banjir. Dan minggu lalu juga telah di pasang di Kantor Wali Nagari Pasie Laweh Seismometer atau Seismograf sebagai alat pemantau getaran.


    Masyarakat dapat memakai dan mengakses alat ini  setiap saat dengan menggunakan smartphone melalui link  https://s.id/argsungaitarab.

    Untuk jangka panjang nantinya alat ini juga dapat digunakan untuk pertanian seperti prakiraan musim hujan atau kemarau, perencanaan pola tanam dan perencanaan  pengaturan irigasi.

    Wali Nagari menyampaikan ucapan "terimakasih atas tindakan yang dilakukan BMKG di Nagari Pasie Laweh ini, dan kita siap untuk menjaga peralatan ini dan menunjuk seorang relawan sebagai perpanjangan tangan dari BMKG tentang alat ini".


    Ucapan yang sama juga disampaikan Miza Aziz  kepada BMKG Sumatera Barat yang telah bersedia memasang alat ini di Nagari Pasie Laweh dan "semoga alat ini bermanfaat bagi masyarakat umum". (Arri)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini