-->
  • Jelajahi

    Copyright © Fakta Hukum
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Selamat IdulFitri 1445 H

    Iklan

    Iklan

    Curah Hujan yang sangat tinggi mengakibatkan banyaknya longsor di Nagari Pasie Laweh

    Redaksi Fakta Hukum Nasional
    Sabtu, 27 April 2024, April 27, 2024 WIB Last Updated 2024-04-27T13:21:25Z
    masukkan script iklan disini
    banner 719x885


    TANAH DATAR _ Nagari Pasie Laweh yang mempunyai 4 Jorong berada di Kecamatan Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar ini adalah suatu Nagari/Desa yang berada di Lereng G. Marapi yang berjarak sekitar 6 KM dari puncak G.Marapi dengan kondisi wilayah Nagari yang berbukit dan memiliki jalur aliran sungai yang berhulu dari G.Marapi tersebut.


    Sabtu dini hari (27/4/24) sekitar pukul 02:00 WIB terjadinya hujan lebat dan petir sampai pukul 04:00 WIB berakibat terjadinya Longsor di beberapa titik yg mengakibatkan 2 rumah warga yang tertimpa tanah seperti di Jorong Babussalam yang menimpa Rumah ASR.Dt.Djolelo/Bonar Surya Winata yang mengakibatkan kerusakan Atap dan dinding dapur jebol serta lumpur sampai masuk dalam rumah, serta longsor di Jorong Talang Dasun yang menimpa rumah Mayor.Mulyadi Dt.Sampono Bagindo yang mengakibatkan rusaknya dinding kamar mandi.


    Titik titik longsor juga terjadi di tebing jalan seperti tebing jalan lokuak ampang jorong Lurah Ampang yang menutupi badan jalan, tebing jalan ngarai jorong Talang Dasun, tebing jalan Jorong Tanjuang Lado Ateh Bukik serta sawah-sawah warga yang juga banyak terjadi longsor.


    Forkopimca Sungai Tarab A.H.Miza Aziz, S.Sos, Wakapolsek Sungai Tarab beserta Jajaran, Babinsa bersama Wali Nagari Pasie Laweh Hidayat, S.Pd.M.Pd.T Dt.Paduko Sirajo beserta perangkat turun langsung ke lapangan meninjau titik longsor.


    Wali Nagari menyampaikan curah hujan beberapa hari ini mengakibatkan banyaknya longsor di Nagari Pasie laweh seperti hari kamis (25/4/24) pukul 19:00 WIB juga telah terjadi longsor di jorong Lurah Ampang dan langsung di eksekusi oleh BPBD Tanah Datar, serta curah hujan yang sangat lebat dini hari tadi bertambah banyaknya titik longsor yang terjadi di Pasie Laweh.


    Alhamdulillah ada beberapa titik longsor yang telah selesai di bersihkan langsung oleh masyarakat dengan melakukan goro bersama dan sisanya insya allah besok kita bersihkan memakai alat berat dan Wali Nagari juga menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap waspada melihat kondisi cuaca saat ini serta ucapan terimakasih atas sikap gotong royong nya dalam membantu saudara kita yang tertimpa musibah.


    Kami atas nama Pemerintah Nagari sangat berharap perhatian Pemerintah Daerah kepada nagari kami ini, karena nagari kami masih banyaknya perbukitan serta mempunyai aliran sungai dari hulu G.Marapi.


    Begitu juga ucapan salah seorang warga Jorong Tanjuang Lado Ateh Bukik yang merasa selalu cemas jika terjadi hujan lebat terus menerus karena jalan jorong kami telah retak, apalagi longsor kemaren membuat jarak bibir jalan ke tebing hanya sekitar 2m, sementara jorong kami jalan keluar masuk bagi dunsanak kami di Jorong Talang Dasun.


    Sementara Camat Sungai Tarab langsung melakukan koordinasi dengan Dinas PUPR dan Damkar Tanah Datar untuk peminjaman alat berat dan juga Mobil Damkar untuk melakukan penyemprotan jalan dari sisa tanah serta titik yang lain yang belum selesai dibersihkan insyaallah besok kita selesaikan. (Boy)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini