-->
  • Jelajahi

    Copyright © Fakta Hukum
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Selamat IdulFitri 1445 H

    Iklan

    Iklan

    TRADISI MENJELANG RAMADHAN : ZIARAH KUBUR

    Redaksi Fakta Hukum Nasional
    Minggu, 03 Maret 2024, Maret 03, 2024 WIB Last Updated 2024-03-03T06:21:19Z
    masukkan script iklan disini
    banner 719x885


    Lubeg_ Mengunjungi tempat pemakaman atau yang lebih akrab kita kenal dengan istilah Ziarah Kubur merupakan kunjungan ke orang yang telah meninggal. Yang tujuannya adalah untuk mendoakan mereka serta memohon ampunan dari Allah SWT atas dosa-dosa yang mereka lakukan.


    Ziarah kubur ini bisa dilakukan kapan saja dan tidak terbatas waktunya, selagi kita bisa dan mempunyai waktu, maka kita bisa untuk melakukan ziarah kubur. Tetapi ada sebagian dan beberapa umat Islam melakukan ziarah kubur pada waktu-waktu tertentu seperti menjelang Ramadhan dan menjelang Hari Raya.


    Seperti hari ini Minggu, 3 Maret 2024 yang merupakan minggu terakhir menjelang Ramadhan 1445 H, tradisi ziarah kubur kembali dilakukan oleh masyarakat. Tradisi turun temurun yang setiap tahun selalu dilakukan oleh kalangan masyarakat, tidak bisa ditinggalkan dan dihilangkan begitu saja. 


    Ada beberapa masyarakat beranggapan bahwa dalam tradisi ini juga merupakan jadi ajang kumpul keluarga yang telah lama tidak bertemu. Bahkan kesempatan untuk bertemu pun hanya terkadang terjadi saat melakukan ziarah kubur menjelang Ramadhan ini. Seperti hal nya yang dinyatakan oleh seorang ibu yang biasa dipanggil *Imar* ini "selalu melakukan ziarah kubur setiap tahunnya untuk membersihkan kuburan putri sulungnya yang meninggal karena leukimia saat usia 5 tahun. Dan ketika di kuburan juga kami bisa bertemu dengan keluarga jauh".


    Selain itu, ada beberapa adab yang harus dilakukan saat ziarah kubur.

    1. Mendoakan jenazah

    2. Ucapkan salam saat memasuki area pemakaman

    3. Membacakan surat pendek

    4. Hindari menangis secara berlebihan

    5. Hindari duduk atau menginjak kuburan

    6. Menyiramkan air di atas pusara 

    ( DewiAsda )

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini