-->
  • Jelajahi

    Copyright © Fakta Hukum
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Selamat IdulFitri 1445 H

    Iklan

    Iklan

    Bupati Eka Putra Apresiasi Inovasi Simak Mak Umah dan Anjungan Layanan Mandiri Nagari Lubuak Jantan

    Redaksi Fakta Hukum Nasional
    Rabu, 22 November 2023, November 22, 2023 WIB Last Updated 2023-11-22T13:25:45Z
    masukkan script iklan disini
    banner 719x885


    FAKTA HUKUM, - Disela-sela kunjungan Bupati Tanah Datar, Eka Putra ke Nagari Lubuak Jantan Kecamatan Lintau Buo Utara pada Rabu, 22 November 2023 dalam rangka penyerahan bantuan bagi korban kebakaran yang menimpa korban beberapa hari yang lalu, Bupati menyempatkan diri meninjau secara langsung pelayanan masyarakat di Kantor Wali Nagari Lubuak Jantan.


    Kedatangan Bupati Eka Putra yang didampingi Camat Lintau Buo Utara, Arief Gani dan Petugas BAZ Kabupaten Tanah Datar disambut langsung oleh Nagari Lubuak Jantan, Mukhlis bersama Sekretaris Nagari, Hermansyah beserta staf Wali Nagari Lubuak Jantan. 


    Pada kesempatan itu, Wali Nagari Mukhlis melaporkan bahwa nagari Lubuak Jantan telah berhasil mengembangkan program dan inovasi pelayanan kepada masyarakat. Salah satu inovasi teranyar adalah Inovasi "Simak Mak Umah" (Sistem Informasi Manajemen Masuk Rumah) dan Anjungan Layanan Mandiri. 


    "Inovasi Simak Mak Umah ini merupakan salah satu bentuk pelayanan door to door (dari rumah ke rumah) dimana masyarakat tidak perlu lagi datang ke kantor Wali Nagari untuk mendapatkan pelayanan.


    Masyarakat cukup hubungi kepala jorong atau langsung WA ke no WA nagari, nanti kepala jorong akan langsung mengantarkan ke rumah yang bersangkutan dokumen yang dibutuhkan," ujar Mukhlis.


    "Insya Allah kami telah siap menerapkan konsep layanan smart nagari bagi seluruh layanan di Nagari Lubuak Jantan," tegas Mukhlis dihadapan Bupati Eka Putra.


    Pada kesempatan itu, Sekretaris Nagari, Hermansyah juga berkesempatan menjelaskan tentang cara menggunakan dan manfaat Anjungan Layanan Mandiri.


    "Pada Anjungan Layanan Mandiri hasil kerjasama Nagari Lubuak Jantan dengan Politeknik Negeri Padang ini, masyarakat dapat mengakses informasi tentang Nagari Lubuak Jantan melalui website Sistem Informasi Desa (SID) dan berkat dukungan Dinas Dukcapil, anjungan ini juga telah dapat difungsikan untuk mengakses layanan administrasi kependudukan secara mandiri seperti cetak KK, Akta Kelahiran, Akta Kematian dan lain-lain dengan melakukan scan barcode pada anjungan tersebut.


    Anjungan ini juga dapat digunakan untuk aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) atau lebih dikenal dengan KTP Digital," ujar Hermansyah kepada Bupati.


    Bupati Eka Putra sangat mengapresiasi inovasi yang telah dikembangkan oleh Nagari Lubuak Jantan bersama Politeknik Negeri Padang dan Dinas Dukcapil dan meminta agar setiap nagari untuk saling bekerjasama dan saling belajar dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.


    "Saya sangat mengapresiasi dan mendukung sekali berbagai inovasi yang telah dikembangkan OPD dan nagari. Inovasi Simak Mak Umah yang dikembangkan Nagari Lubuak Jantan ini merupakan salah satu bukti keberhasilan inovasi Peluk Tanda Diri (Pelayanan Publik Tanah Datar Diujung Jari) yang telah saya launching pada tahun 2021 lalu.


    Dengan adanya kebijakan pelayanan online yang dapat diakses diujung jari melalui gadget/smartphone maka berkembanglah inovasi-inovasi pelayanan lain," ujar Bupati.


    "Dengan Peluk Tanda Diri, masyarakat tidak lagi harus datang ke Dinas atau Puskesmas untuk mendapatkan pelayanan, tapi cukup akses layanan secara online dan mandiri. Kalau pelayanan adminduk dan perizinan, file dokumen yang telah diterbitkan dapat diakses dan dicetak sendiri. Sedangkan untuk layanan kesehatan, petugas yang akan datang langsung ke rumah pasien yang sakit," tegas Eka Putra.


    "Semoga dengan adanya kolaborasi dan kerjasama yang baik, kita dapat mewujudkan pelayanan publik yang baik dan berkualitas di Kabupaten Tanah Datar, " tutup Bupati. (Boy)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini